Content

Masakan Korea

Saturday 5 May 2012
Gajiseon
Terung yang biasa telah dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung anthocyanin. Gajiseon adalah salah satu makanan yang menghidangkan terung yang dikukus sebagai bahan utamanya. Tekstur terung yang lembut dikombinasikan dengan isinya dan bumbu-bumbu akan menghadirkan cita rasa yang kaya.
Oleh: Lee Jong-Im (Direktur Korea Food & Culture Research Center)
Gajiseon
Gajiseon disiapkan dengan cara mengiris terung dengan melintang, kemudian celah yang terbentuk diisi dengan potongan daging sapi, ayam, atau kerang, kemudian rebus terung tersebut dalam kaldu daging sapi yang diberi bumbu berupa kuah yang berisi ganjang (kecap), gochujang (pasta lada), dan doenjang (pasta kacang). Berbagai macam variasi bisa dibuat dengan mengkombinasikan bahan-bahan dan bumbu-bumbu lainnya.
Nilai sebuah masakan tidak hanya bisa dari kandungan nutrisinya. Faktor lain seperti warna dan rasa juga menentukan kesempurnaan sebuah masakan. Bentuk visual dari sebuah masakan diketahui menstimulasi susunan saraf pusat, yang akan meningkatkan selera makan. Karena alasan inilah orang-orang akan memilih bahan-bahan yang berwarna agar penampilan masakan menjadi menarik. Karena kandungan anthocyanin dalam terung dikatakan memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kronis dan memperlambat penuaan, bahan ini banyak sekali digunakan sebagai makanan untuk kesehatan.
Terung sendiri merupakan tanaman musiman yang bisa mencapai panjang 60 hingga 100 cm. Dipercayai bahwa terung awalnya berasal dari India kemudian menyebar ke Korea melalui Cina. Terung mengandung 95% air dan 3.4 % glukosa, sedikit lemak, vitamin, dan mineral.
Gaji namul
Gaji namul (terung bumbu) adalah masakan Korea yang mudah untuk dibuat. Untuk membuatnya, pertama-tama terung dikukus kemudian dipotong kecil-kecil, dicampur dengan bawang, garam wijen, dan minyak wijen, kemudian tambahkan bawang merah cincang. Cuka bisa ditambahkan, tapi ini tergantung selera anda.
Gaji naengguk
Gaji naengguk (sup terung dingin) adalah masakan yang terkenal ketika musim panas. Untuk membuat sup ini, pertama-tama terung dibuat seperti halnya akan membuat gaji namul (dikukus, dipotong, kemudian diberi bumbu). Kemudian tambahkan air dingin dan beri bumbu berupa kecap, gula, cuka, dan garam untuk menghasilkan sup gaji naengguk yang asam manis. (kayak nano-nano ^^)
Cara Membuat Gajiseon
Resep berikut adalah untuk gajiseon tradisional, dengan memasukkan daging sapi dan jamur. Masakan ini direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Sangatlah penting agar potongan-potongan terung, setelah direndam dalam air garam, untuk diremas secara hati-hati agar sebanyak mungkin air keluar (Langkah 1). Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan pada terung yang telah dikukus saus doenjaeng (saus kacang) dan kaldu ikan teri untuk menghasilkan rasa yang lebih kaya.

Gajiseon tradisional
Bahan:
2 buah terung, 1 gelas air, 1 sendok makan garam, 100 grams daging sapi, 3 buah jamur shitake kering, 1 gelas kaldu sapi
Hiasan: 1 telur (pisahkan putih dan kuning telur), kacang pinus, irisan cabe merah, jamur shitake, cabe hijau.
Bumbu untuk daging: 1 sendok makan kecap, 1 sendok teh gula, 1 sendok makan bawang merah cincang, 1 sendok teh bawah putih cincang, 1 sendok teh garam wijen, ½ sendok teh minyak wijen, merica

Cara membuat:
  1. Potong terung kedalam potongan sepanjang 4 cm. Buat irisan horizontal pada setiap potongan dan rendam dalam air garam selama sekitar 30 menit. Angkat, kemudian pijit-pijit/remas potongan terung untuk menghilangkan air.
  2. Campurkan bahan-bahan bumbu dengan kecap.
  3. Potong daging sapi tipis-tipis kemudian campurkan dengan setengah dari campuran bumbu-bumbu.
  4. Rendam jamur shitake kering dalam air selama 30 menit. Kemudian tiriskan. Setelah air yang berlebih keluar, potong jamur-jamur itu tipis dan campurkan dengan setengah sisa campuran bumbu.
  5. Campurkan daging yang telah dibumbui dan jamur yang juga telah dibumbui. Masukan ke dalam setiap irisan terung.
  6. Tempatkan terung yang telah diisi kedalam panci dan masukan kaldu sapi. Untuk menambah rasa, tambahkan gukganjang (kecap untuk sup). Masak hingga setengah matang dengan api yang besar kemudian didihkan selama 10 menit dalam api yang sedang hingga kecil. Sesekali siramkan kaldu keatas terung.
  7. Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Goreng masing-masing dalam minyak hingga masing-masing menjadi lapisan tipis. Potong kedalam potongan-potongan tipis. Iris cabe merah, cabe hijau, dan jamur shitake kedalam potongan-potongan sepanjang 2 cm.
  8. Sajikan gajiseon dalam mangkok dan tambahkan sedikit kaldu. Hiasi dengan potongan telur, jamur shitake, cabe merah, cabe hijau, dan kacang pinus.
sumber: http://pjyjp1234.blogspot.com/2012/03/makanan-korea-gajiseon-terung-isi-dari.html


Bimbimbap
Bahan:
- 3 sendok makan minyak
- 300 gr daging cingcang
- 4 siung bawang putih, cingcang halus
- 2 sendok makan, jahe cingcang
- 2 sendok the soy sauce
- 2 buah wortel, potong korek api
- 2 buah mentimun, potong korek api
- 4 buah jamur shitake, iris tipis
- 150 gr tauge jepang
- 4 butir telur
- 400 gr nasi pulen
- 4 sendok makan korea hot bean paste

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, masukan daging cingcang, bawang putih, jahe, dan soy sauce. Masak hinnga daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis wortel, mentimun, dan jamur hinnga matang, angkat sisihkan.
  3. Panaskan sedikit air dalam wajan, masukan telur hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Masukan nasi dalam mangkuk beri telur mata sapi di atasnya. Masukan juga daging dan tumisan sayuran. Tambahkan pasta di atasnya
(hasil 4 porsi)
sumber: http://koreanchingu.wordpress.com/2011/01/04/resep-makanan-korea-membuat-bibimbap/


Bulgogi
Resep masakan korea bulgogipotongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”.Variasinya: daging sapi , ayam , dan sotong.

Bahan:
2 pon daging sirloin, iris tipis
2 1/2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
4 siung bawang merah, potong halus
1 buah bawang bombay, potong halus
1/3 cangkir (2 sendok makan) kecap manis
2 sendok makan minyak wijen
1 1/2 sendok makan madu
Lada hitam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan gochujang*)
1/2 sendok makan minyak wijen
daun selada

Cara membuat :
  1. Pada pisau bagian belakang, irislah dengan tipis sampai empuk.
  2. Mangkok tersebut berisi sisa-sisa bahan tersebut. Campuran tersebut harus rata/tebal.
  3. Tuangkan bumbu rendama ke dalam daging tersebut dan campurkan dengan tangan. Dan pastikan daging tersebut harus sudah terlapis dengan bumbu rendaman tersebut.
  4. Bungkus dengan plastik dan diamkan selama 1 jam.
  5. Masak daging dalam satu lapisan di meja Hibachi.
  6. Daging yang dimasak harus sudah selesai, dan bagian luarnya berkaramel.
  7. Di mangkok yang berbeda, gabungkan gula dan gochujang.
  8. Masukkan minyak wijen ke dalam campuran tersebut.
  9. Sajikan dengan daun selada dan campuran gochujang.
Catatan
*) Gochujang = adalah pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah koji beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Secara tradisional, fermentasi gochujang dilakukan di halaman rumah di dalam tempayan tembikar berukuran besar. Tempat diletakkan di alas dari susunan batu yang disebut jangdokdae .
http://kitabmasakan.com/2011/06/resep-masakan-korea-bulgogi/

Kimchi
Kimchi merupakan menu harian penduduk Korea dan tak akan ada satu masakan pun yang kalian temui dikorea yang tak bercampur dengan kimchi . Makanan ini melengkapi cita rasa sajian utama Korea lainnya , seperti bibimbap dan bulgogi. Kimchi telah menjadi bagian budaya kuliner yang dinikmati oleh seluruh masyarakat Korea.

Masyarakat Korea menyajikan kimchi dalam beberapa jenis yakni tongbaechu kimchi (kimchi kol putih), chonggak kimchi (kimchi lobak putih), kimchi daun wijen, dongchimi (kimchi buah bit), kimchi bawang, oisobagi kimchi (kimchi mentimun), dan nabak kimchi (kimchi kol dan buah bit).

Proses pembuatan kimchi sangat sederhana chingu bahkan anda bisa membuatnya sendiri dirumah. berikut cara membuatnya;

Bahan Utama :
2 - 5 Sawi Putih, belah jadi dua, kemudian belah sedikit di tengahnya, cuci sebentar dengan air kemudian taburin dengan garam hingga rata seluruh permukan dan ke setiap lembar sawinya.
Biarkan hingga 2 - 3 Jam. ( mengapa cuma beberapa jam saja merendamnya karena kita buatnya tidak begitu banyak sawi putihnya , untuk Kimchinya nanti ) Beda dengan apa yg saya buat sepeti bahan sawi putihnya yg hingga 50 kilo untuk persedian satu tahun kedepan.
Jadi intinya saya buat ini normal adanya.
Setelah itu cuci kembali Sawi putih yg telah terendam dengan garam tadi selama 2 - 3 Jam, Cuci hingga benar - benar bersih....kemudian tiriskan selama 30 Menit. ( sambil mempersiapakan bahan lainya )

Bahan Campuran untuk adonan Bumbunya. :
2 buah Lobak ( Daikon Radish ) cuci bersih kupas sedikit kulitnya, potong bentuk korek api sedikit tipis.
1 ikat daun bawang, cuci bersih sisihkan.
3 buah bawang bombay , kupas rajang sisihkan.
1 Ikat Sawi hijau cuci bersih potong sedang ,( Tidak pakai juga bisa ).
200 gr SHIMPS , Udang Kecil segar ( Tidak pakai juga ok ) kalau da lebih mantep
200 gr Kerang SHELLFISH

Bahan Untuk Bumbunya :
1 Gelas tepung Beras rebus dengan air buat seperti bubur atau pakai beras ketan juga bisa , masak dan rebus hingga menjadi bubur dan sisihkan.
2 Batang Jahe bersihkan dan parut atau blender hingga halus.
1 - 2 Gelas ukuran sedang Bubuk lombok merah.
1 Gelas ukuran sedang bawang putih yg sudah di haluskan.
3 Sendok makan gula putih.
25 - 30 milii litter SALTED ANCHOVY SAUCE
( Kecap Asin Khusus untuk buat Sawi Putih yg ada gambar Kimchi Sawinya )

Caranya :
Pertama :
Siapkan semua Bahan Bumbunya : Bubur Tepung berasnya, bubuk lombok merah, bawang putih, jahe,gula. dan bahan tambahannya.

Kedua :
Siapkan Bahan Potongan Radish ( lobak ) masukan dlm baskom ukuran sedang beri sedikit taburan garam aduk hingga rata, kemudian masukan bahan bumbu bubuk lombok merah, potongan bawang bombay beri adonan bubur tepung beras / bubur beras ketan aduk bener - bener rata, masukan kembali potongan daun bawang aduk, masukan potongan daun sawi hijau aduk lagi, setelah itu beri bumbu jahe, bawang putih , gula dan Salted sauce kimchi aduk hingga benar merata keseluruhan.

Terakhir masukan bahan campuran lain seperti Udang SHIMPS ( Udang kecil )
Dan Masukan juga model kerang, SHELLFISH aduk hingga rata seluruh bumbunya.

Nah...akhirnya kita olesin dengan bumbunya sawi putih ini satu pesatu dalam setiap lapisannya. dan bener - bener merata , setelah itu siap untuk di simpan dalam suhu dingin , kulkas . Tetapi langsung di sajikan juga bisa , di potong - potong sesuai selera bisa dech di komsumsi

Dan untuk ingin memperoleh hasil yg lebih mantap !!!!!
Ini memerlukan masa permentasi yg cukup lama ber hari...hari...ber bulan..bulan...dan bahkan ada yg sampe 2 tahun masa permentasinya....karena jelas rasanya lain dari yg lain lebih terasa sekali Kimchinya baik Asam , asin , dan pedas nya.
selamat mencoba.....

http://mbakevi.blogspot.com/2011/06/tips-cara-membuat-masakan-korea-kimchi.html


Kimbab
Alat-alat yang diperlukan:
Kimbal (alat penggulung kimbab, terbuat dari bambu), pisau, wajan (untuk mendadar telur, dan menumis wortel dan bawang putih), rice cooker untuk memasak nasi.

Bahan:
4 lembar nori / kim (rumput laut kering)
2 mangkuk nasi putih pulen
2 telur dadar, iris tipis memanjang
1 kaleng tuna
5 siung bawang putih,cincang halus
100 gram crab stick, iris tipis memanjang
2 buah wortel, kupas, iris spt korek api
1 buah mentimun, iris spt korek api
2 sendok teh mayonaise
1/2 sdm cuka
sedikit garam dan minyak goreng
1 sdm minyak wijen

Cara Membuat:
  1. Campur tumisan wortel dengan sedikit cuka dan garam. Sisihkan.
  2. Tumis crabstick dengan sedikit minyak goreng/margarin, angkat, sisihkan.
  3. Campurkan tuna dengan mayonaise, sisihkan.
  4. Campurkan nasi dg minyak wijen, cuka, garam, aduk rata, sisihkan.
  5. Caranya menggulung:
  6. Paparkan nasi di atas rumput laut (bagian yg agak kasar menghadap keatas) beralaskan Kimbal (penggulung kimbab dari bambu)
  7. Atur wortel, mentimun, telur dadar, tuna, crabstick di bagian depan diatas nasi
  8. Gulunglah kimbal bersama dengan isinya
  9. Potong setebal 1 cm
  10. Sajikan dipiring saji dan hiasi dengan garnis.
  11. Tumis wortel dengan sedikit bawang putih dan minyak goreng, angkat.
selamat mencoba!!
http://mbakevi.blogspot.com/2011/06/tips-cara-membuat-masakan-korea-kimbab.html

1 komentar :

jamal lewinsky at: Thursday 24 May 2012 at 11:14:00 GMT+7 said...

lengkap banget infonya.. klo suka Korea & makanan Korea, gabung juga ke fanpage FB Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia - di sana ada banyak info terkini ttg Korea termasuk makanan, wisata, budaya, bhasa, hallyu, info beasiswa, dll

Post a Comment

Untuk kemajuan blog ini, silahkan keluarkan kritik dan komentar anda! Thanks :)

Find Me On

Facebook  Twitter 

Followers

Quote

"Kita tidak tahu apa yang terjadi esok hari, tapi yakinkan hari ini dirimu bahagia - Aida"

Blog Archive

Labels

Pengunjung